Fakta Menarik dari Indomie: Mie Sejuta Umat

varian indomie

Indomie
adalah salah satu mie instan asli dari Indonesia. Produk buatan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ini bahkan sukses merambah ke jalur internasional dan begitu mendunia. Tapi tahukah Anda jika mie sejuta umat ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang?

Fakta Menarik Seputar Indomie

Sebagai salah satu produk mie instan yang sangat terkenal, faktanya Indomie ini telah melalui sejarah yang cukup panjang. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai makanan akhir bulan terutama oleh anak kos. Namun ternyata, produk satu ini memiliki banyak keunikan, diantaranya:

1.     Berdiri Sejak Lama

Pada mulanya, Indomie ini memiliki sejarah panjang dan beberapa kali berganti kepemilikan. Awal mula produksi adalah pada bulan September tahun 1970. Namun, baru beredar di masyarakat pada tahun 1972 dengan dua rasa saja, yaitu mie kuah kaldu ayam dan udang.

Bahkan awal mulanya, produk ini berada di bawah perusahaan Sarimi. Baru kemudian diakuisisi oleh PT Indofood pada tahun 1990-an. Kala itu, mereka mulai memproduksi lebih banyak varian rasa seperti mie goreng original dan mulai memperkenalkannya ke negara lain.

2.     Memiliki Banyak Varian Rasa

Saat ini PT Indofood memang telah berhasil memproduksi indomie dengan banyak varian rasa. Bahkan beberapa tidak mereka edarkan ke seluruh wilayah karena sebagai salah satu produk tiruan rasa makanan daerah. Mereka menjadikannya langka karena sebagai salah satu strategi marketing.

Contohnya adalah Indomie mie aceh, soto banjar, rasa keripik Chitato dan masih banyak lagi. Sedangkan mie instan dengan rasa umum seperti kari, kaldu ayam, goreng original, ayam geprek, sambal matah, rendang hingga seblak jeletot.

3.     Mie Instan Mendunia

Anak kos tampaknya perlu sedikit berbangga. Sebab, indomie ini ternyata bukan hanya terkenal sebagai makanan instan penyelamat anak kos. Namun, juga telah terkenal di berbagai negara. Bahkan Anda akan menemukannya dengan mudah di toko-toko Asia.

Selain itu, indomie ini juga menjadi makanan pilihan warga Indonesia yang merantau ke luar negeri sebagai obat rindu. Apalagi mie instan ini juga sudah terjamin kehalalannya sehingga tidak perlu repot mencari pengganti ketika sedang di negara lain.

4.     Negara Lain Pernah Mengklaimnya

Percaya atau tidak ternyata negara lain pernah mengklaim bahwa Indomie adalah produk milik mereka, yaitu Nigeria. Bukan hal aneh memang karena mie instan tersebut telah dikenalkan sejak lama oleh PT Indofood di benua Afrika tersebut.

Bahkan dalam promosinya juga tidak pernah menyebutkan kata Indonesia sehingga mereka menganggap jika produk tersebut berasal dari negaranya. Apabila mendengar fakta ini mungkin terkesan sedikit lucu dan menandakan begitu mendunianya produk tersebut.

5.     Makanan Pokok Kedua Warga Nigeria

Alasan lainnya warga Nigeria sempat mengklaim bahwa Indomie adalah produk asli dari negaranya karena masyarakat sana sudah biasa mengkonsumsinya. Bahkan mie instan ini menjadi pilihan makanan pokok kedua karena lebih praktis dan murah.

Tidak salah memang. Bahkan seorang reviewer  mie instan yang telah mencoba sekitar 1.100 produk dari seluruh dunia mengatakan jika Indomie adalah mie paling enak. Terlebih untuk rasa goreng ayam panggang sebagai peringkat kedua dan special fried curly noodles menduduki posisi pertama.

Sudah pasti PT Indofood Sukses Makmur yang berhasil meraih banyak kesuksesan dari produk Indomie ini tidak instan. Bahkan mereka sempat melakukan berbagai cara promosi hingga door to door. Apalagi dari segi rasa dan harga pun juga merakyat sehingga masyarakat mudah menerima.

Posting Komentar

0 Komentar